Selamat datang di "Zona Ukhuwah Kita" UKMF KM Al Fatih FE UNY. SPIRIT PERBAIKAN! RAIH KEMENANGAN!

Selasa, 04 Maret 2014

KUNJUNGAN UKMF AL FATIH FE UNY KE HIMMATANA UPN ‘VETERAN’ YOGYAKARTA


Minggu, 2 Maret 2014 pukul 13.30 WIB kami Squad Al Fatih telah berkumpul di depan Fakultas Ekonomi UNY untuk agenda kunjungan Himmatana UPN ‘Veteran” Yogyakarta. Agenda yang sempat tertunda beberapa waktu ini Alhamdulillah berhasil terlaksana atas izin Allah SWT. Setibanya disana kami pun mendapat sambutan hangat dari rekan-rekan Himmatana UPN ‘Veteran’ Yogyakarta. Acara pun dimulai dengan perkenalan dan sambutan dari tuan rumah oleh Akh Rian selaku mas’ul Himmatana disusul dengan sambutan dari Al Fatih yang diwakilkan oleh Akh Ashfi. Acara pun dilanjutkan dengan presentasi proker dari Himmatana yang dilanjutkan presentasi dari Al Fatih, berikut ini adalah ulasan singkat mengenai Himmatana.
Slogan 'beriman, berilmu, beramal' sangat melekat di hati masing-masing punggawa KKMI Himmatana. Lembaga dakwah fakultas ekonomi UPN 'Veteran' yang merupakan cabang dari KMI UPN 'Veteran' mempunyai tekad besar yaitu membangun FE cerdas religius.
Himmatana memiliki 3 fungsi penting, yaitu mendakwahkan islam, ekonomi islam dan pengetahuan. Nama Himmatana sendiri berasal dari 2 kata. Himma dan tuna. Himma berarti cita-cita, sedangkan tuna berarti cita-cita tertinggi. Bukan Himpunan Mahasiswa Tahan Napas lho yaa? hihihi. Himmatana adalah suatu organisasi yang sangat cepat untuk membuat struktur organisasi yang baru, itu dikarenakan mahasiswa FE di UPN terlalu cepat lulus menjadi seorang sarjana.  Himmatana didirikan pada tahun 1993 dan hingga sekarang sudah berumur sekitar 21 tahun.
Dalam sebuah organisasi, pembagian kerja adalah hal yang sangat penting. Ini dimaksudkan untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Di himmatana tugas-tugas organisasi dikerjakan oleh 5 divisi yaitu divisi dana usaha, divisi syi'ar, divisi pengembangan sumber daya muslim, divisi sharia economics study community, dan divisi kemuslimahan. Sehingga memudahkan terlaksananya program kerja yang telah disusun karena setiap divisi akan fokus pada progam kerjanya masing-masing.
Sebagai lembaga dakwah, himmatana tak melulu berdakwah melalui kajian-kajian atau ceramah dari mimbar ke mimbar. Himmatana study club adalah salah satu dedikasi dakwah himmatana pada bidang keilmuan umum. Ilmu-ilmu seperti akuntansi, ekonomi mikro, ekonomi makro, statistika, dan matematika ekonomi dikaji dan didiskusikan pada forum ini. Bahkan mahasiswa non muslim pun boleh ikut. Alasannya, karena himmatana ingin menunjukkan bahwa islam itu 'rahmatan lil alamin'. "Kami ingin membuat generalisasi dakwah, bukan liberalisasi dakwah" tutur seorang pengurus himmatana. Semoga himmatana terus berjaya dengan dakwahnya.
Acara dilanjutkan dengan presentasi proker dari Al Fatih dan sesi diskusi masing-masing proker oleh moderator Akh Ujang. Dan acara ini pun berakhir pukul 17.00 WIB yang ditutup dengan pembacaan do’a dan pemberian kenang-kenangan dari Al Fatih kepada Himmatana dan disusul dengan foto bersama. Senyum ceria pun menghiasi kami salam kenal dan ucapan perpisahan pun mengalir semoga dengan pertemuan ini kelak mampu menjalin kerja sama dalam upaya dakwah di kampus terutama di fakultas.(Darsono & Tia)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar