Selamat datang di "Zona Ukhuwah Kita" UKMF KM Al Fatih FE UNY. SPIRIT PERBAIKAN! RAIH KEMENANGAN!

Minggu, 16 Maret 2014

KKI - Kiat Menjaga Fitrah Seorang Wanita

Assalamualaykum! Kajian Keputrian Islam (KKI) kembali diadakan pada hari Jumat 14 Maret 2014, bagus ya tanggalnya. Ehehe di tanggal yang baik dan hari yang baik terselenggara acara yang baik pula, KKI dimulai pada sekitar pukul 11.15 siang di ruang kuliah GE2.106. Acara diawali dengan tilawah surat An-Nur oleh Farin, yaitu surat mengenai beberapa adab yang dapat menjaga jiwa, kehormatan, memelihara keluarga dan masyarakat seperti adab meminta izin, kehormatan rumah, hijab, menjaga pandangan dan lain-lain.
Acara selanjutnya adalah penampilan kejutan dari Mbak Swasih Fitria, setelah dipersilahkan Elita (sebagai MC) akhirnya Mbak Swasih Fitria mempersembahkan kejutan pada peserta kajian, berupa lantunan lagu nan merdu dan sungguh menyentuh hati. Lagu pertama yaitu berjudul Demi Masa, lagu kedua sekaligus terakhirnya adalah lagu tentang wanita yang berjudul Perhiasan yang Paling Indah J
Ta-Daaa! Akhirnya sampai juga pada acara inti yaitu materi oleh Mbak Marina Ayu. Awal slide pembuka muncul pertanyaan
“Gambaran para muslimah secara umum saat ini seperti apa ya?”
Mbak Ayu pun memberi kesempatan pada kami untuk mencoba menjelaskan bagaimana gambaran muslimah saat ini, kesempatan pertama diberikan pada Katrin dari Pendidikan Akuntansi, menurutnya..
“Saat ini muslimah mengalami kemajuan mbak, menjadi lebih baik (khususnya dibidang penampilan atau bisa dibilang lebih tampak modis)”
Kemudian kesempatan kedua giliran Kak Siti Qomariyah dari Akuntansi Murni yang memberikan pendapatnya,
                “Menurut saya ada positif dan negatifnya, akhwat di Jogja ini memang banyak yang berjilbab tetapi kadang malah menjadi ajang untuk modis dan gaya bukan untuk menutup aurat”
Begitulah beberapa tanggapan dari para peserta kajian. Kemudian mbak Ayu melanjutkan pertanyaannya.
                “Muslimah ideal menurut kalian itu seperti apa?”
Lantas terdengar celetuk “Ya seperti Khatijah” lalu ada lagi yang berkomentar “Muslimah yang ideal itu ya yang bisa menjadi hiasan untuk dirinya, yang mampu menyeimbangkan ideologisnya, dan dunia-akhiratnya ballance”
Memang materi kajian ini cukup menarik sehingga suasananya sangat hidup, peserta sangat antusias menanggapi pertanyaan demi pertanyaan dari Mbak Ayu. Selanjutnya mbak Ayu membahas tentang pakaian yang syar’i, etika berinteraksi dengan lawan jenis, dan cuplikan cerita singkat tentang tokoh Yoyoh Yusroh. Berikut beberapa quotes dari Mbak Ayu :
                “Wanita adalah tiang negara. Jika wanita baik, maka baik pula negara itu dan begitupun sebaliknya”
                “Muslimah adalah Jantung Peradaban, seperti jantung manusia, tidak terlihat namun sangat vital...”

Kesimpulannya kita muslimah berkewajiban menjaga fitrah kita sebagai seorang muslimah dan menjaga kemuliaan kita karena wanita adalah makhluk yang mulia dan merupakan jantung peradaban.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar