Selamat datang di "Zona Ukhuwah Kita" UKMF KM Al Fatih FE UNY. SPIRIT PERBAIKAN! RAIH KEMENANGAN!

Kamis, 25 April 2013

STADIUM GENERAL EKONOMI ISLAM



BSO CENTER OF ISLAMIC ECONOMICS STUDIES (CIES)
UKMF AL FATIH FE UNY

UKMF AL-FATIH FE UNY – Minggu, 21 April 2013 pukul 08.00 Badan semi Otonom Center of Islamic Economics studies (CIES) UKMF Al Fatih Fakultas Ekonomi UNY menyelenggarakan Stadium General Ekonomi islam yang bekerjasama dengan Bank Mandiri Syariah Yogyakarta. Acara tersebut dilaksanakan di Ruang Auditorium  Fakultas Ekonomi Universitas negeri Yogyakarta. Acara ini bertemakan “Peran Strategis Perbankan Syariah dalam Perekonomian Indonesia” yang menghadirkan Bapak Taufikur Rahman, S.E, MBA (Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM) dan bapak Aris Gunawan (Marketing Manager Bank Syariah Mandiri).
Dalam acara ini dihadiri sekitar 180 mahasiswa baik dari Fakultas Ekonomi, mahasiswa umum UNY, maupun dari universitas-universitas lain di Yogyakarta. Diantara yang hadir ada dari UIN sunan Kalijaga, Universitas Gadjah Mada, Universitas Islam Indonesia, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Hamfara dan STEI Yogyakarta. Dalam kesempatan itu juga di hadiri Koordinator Regional Yogyakarta dan pengurus Forum Silaturahim dan Studi Ekonomi islam Yogyakarta.
 Acara di buka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan sambutan dari ketua panitia dan Director Center of Islamic Economics Studies, Siti Maesyaroh. Dalam sambutannya,  May memaparkan mengenai kegiatan-kegiatan yang direncanakan BSO CIES UKMF AL FATIH selama satu kepengurusan. Diantaranya adalah Seminar Nasional Ekonomi Islam, Islamic Banking Traning, Kajian Ekonomi Islam dan Mini Class Discussion (MCD). Dan sebagai pembuka acara diskusi umum ekonomi islam adalah dengan diselenggarakan acara tersebut. Acara dilanjutkan dengan sambutan yang sampaikan Bapak Mustofa, M.Sc selaku Pembina UKMF AL FATIH.
Acara dilanjutkan dengan sesi penyampaian materi yang dimoderatori oleh Risang Purnama Nugraha (ketua UKMF Al fatih 2011). Dalam sesi ini Bapak Taufikur Rahman menjelaskan mengenai ekonomi syariah dan perbankan syariah di Indonesia. Ekonomi dalam Islam adalah ilmu yang mempelajari segala prilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dengan tujuan memperoleh falah (kedamaian & kesejahteraan dunia-akhirat). Prilaku manusia disini berkaitan dengan landasan-landasan syariat sebagai rujukan berprilaku dan kecenderungan-kecenderungan dari fitrah manusia. Dan dalam ekonomi Islam, kedua hal tersebut berinteraksi dengan porsinya masing-masing hingga terbentuklah sebuah mekanisme ekonomi yang khas dengan dasar-dasar nilai Ilahiyah. Dan peranan utama ekonomi islam adalah “Mewujudkan kehidupan rakyat yang sejahtera lahir dan batin”.
Materi ke dua di sampaikan dari pihak Bank Syariah Mandiri , Bapak Aris Gunawan, yang meyampaikan mengenai perkembangan perbankan syariah dan kesiapan Indonesia menghadapi MEA 2015.
Acara ini merupakan rangkaian acara kajian ekonomi islam yang diadakan oleh CIES UNY yang ditujukan untuk umum, baik civitas UNY, maupun mahasiswa luar yang tertarik untuk mengikuti dan mempelajari ekonomi islam.
                                                                                      May_Cies UNY
             



Tidak ada komentar:

Posting Komentar